MATA KULIAH
RISET
OPERASI
KKE 617
Fakultas Ekonomi
Universitas
Lancang Kuning
Pengajar : Sri Maryanti.SE.MSI
Semester : V /
Tahun Ajaran 2010 / 2011
RENCANA KEGIATAN
PROGRAM PEMBELAJARAN (RKPP)
PROGRAM STUDI MANAGEMENT/AKUNTANSI
UNIVERSITAS LANCANG
KUNING
|
|
1.
Jurusan/Program
Studi: : Ekonomi/ S1
2.
Mata
Kuliah : Riset Operasi
3.
Kode Mata Kuliah : KKE 617
4.
Jumlah
Satuan Kredit Semester : 3 SKS
5.
Jumlah
Tatap Muka Perkuliahan : 14 kali (UTS-UAS).
6.
DESKRIPSI MATA KULIAH :
Mata
ajaran Riset Operasi diberikan pada semester V ( lima ) dengan bobot 3 SKS.
Mata ajaran ini berfokus Pendahuluan : Silabus, Kontrak belajar , dan pembagian
kelompok , Riset Operasional : konsep dasar , tujuan , dan ruang lingkup ,
Riset Operasional : Pendekatan Ilmu ( science
) dan seni ( art ) , Milestone perkembangan dan peran
strategis Riset Operasional dalam aktifitas Management
Science , Topik – topik utama dalam Riset Operasional pada abad 21 , dan RO
dan Teknologi Informasi, Program Linear
( Linear Programing ) , Metode
Simpleks ( Simplex Method ) , Metode
Transportasi ( Transportation Method ) , Analisis
Antrian ( Queuing Analysis ) , Teori
Permainan ( Games Theory ) dan CPM / PERT Analysis serta Model Pengendalian
Persediaan.
7.
STANDAR KOMPETENSI
:
Setelah
mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mempunyai kompetensi : memahami
perkembangan /isu penting terbaru (important
issue) dan permasalahan dalam pengelolaan/ manajemen didasarkan pada Riset
Operasional, menjelaskan milestone peran
strategis Riset Operasional dalam Management
Science , memahami konsep dasar dan kajian-kajian dalam Riset Operasional
secara komprehensif , melakukan analisis kasus (identifikasi masalah , analisis
situasi , tinjauan teoritis, dan rekomendasi solusi masalah) untuk memecahkan
persoalan-persoalan yang berkaitan dengan Riset Operasional , dan menguasai
software Riset Operasional POM for
Window untuk memecahkan
persoalan-persoalan yang berkaitan dengan Riset Operasional.
8.
SISTEM PENILAIAN :
Kehadiran : 5%
Analisis kasus dan Diskusi : 25%
Ujian Tengah Semester ( 1 kali ) dan Kuis :
35%
Ujian Akhir Semester (1
kali)
: 35%
9.
SUMBER BELAJAR / REFERENSI :
BUKU UTAMA :
1.
Hamdy A Taha,
Riset Operasi, Suatu Pengantar , Edisi Kelima, Jilid 1 Binarupa
Aksara , 1996, Jakarta Barat. Indonesia
2.
Hamdy A Taha,
Riset Operasi, Suatu Pengantar, Edisi Kelima , Jilid 2 Binapura Aksara , 1996
, Jakarta Barat , Indonesia.
3.
Aminudin, Prinsip – Prinsip Riset Operasi, 2005, Penerbit Erlangga.
4.
Sri Mulyono, Riset Operasi, 2004, Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia
5.
Wayne
L.Winston, Operations Research, 2004, Fourth Ed, Thomson Learning,Inc.
6.
Zulian Yamit,
Manajemen Kuantitatif, 2004, BPFE, Yogya.
Referensi :
1.
Robert T.
Clemen, 1991, Making Hard Decisions: an
Introduction to Decision Analysis, PWS-KENT Publishing Company.
2.
Rowe, Alan, 1992, Mangerial Decision Making: A Guide to Successful Business Decisions,
MacMillan.
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KRITERIA PENILAIAN (INDIKATOR)
|
ALOKASI WAKTU
|
Mahasiswa mampu memahami konsep dasar, tujuan dan
ruang lingkup Riset Operasional melalui pendekatan ilmu (science) dan seni (art)
|
1.
Pendahuluan, Konsep dasar, tujuan , dan ruang
lingkup Riset Operasional
|
Dapat memahami pendahuluan ,
konsep dasar , tujuan dan ruang lingkup Riset Operasional melalui pendekatan
ilmu (science) dan seni (art), Milestone perkembangan dan peran strategeis Riset Operasional
dalam aktifitas Management Science
dengan benar.
|
1 x 50 menit
|
Mahasiswa mampu merumuskan
masalah dengan jelas dan menerjemahkan masalah kedalam bentuk model
matematika .
|
2.
Program Linear ( Linear
Programing )
|
Dapat merumuskan masalah
dengan jelas dengan menggunakan sejumlah informasi yang tersedia , kemudian
menerjemahkan masalah kedalam bentuk matematika guna menemukan jawaban
terhadap masalah yang dihadapai dengan benar.
|
2 x 50 menit
|
Mahasiswa mampu menjelaskan
metode Simpleks dalam memecahkan setiap masalah pemograman linier.
|
3.
Metode Simpleks (Simplex Method )
|
Dapat menjelaskan metode
Simpleks dalam memecahkan setiap pemecahan dasar yang ditentukan secara
selektif dengan maksud untuk mencapai titik pemecahan optimum dalam linear
programing dengan benar.
|
2 x 50 menit
|
Mahasiswa mampu memahami
suatu metode yang digunakan untuk mengatur distribusi dari sumber-sumber yang
menyediakan produk ketempat yang membutuhkan.
|
4.
Metode Transportasi
|
Dapat memahami suatu metode
yang digunakan untuk mengatur distribusi dari sumber-sumber yang menyediakan
produk , ke tempat-tempat yang membutuhkan secara optimal karena terdapatnya
perbedaan biaya alokasi yang berbeda-beda dari beberapa sumber ke suatu
tempat tujuan yang berbeda dengan benar.
|
2 x 50 menit
|
Mahasiswa mampu memahami
suatu parameter dan elemen dasar dari model – model analisis antrian.
|
5.
Analisis Antrian
|
Dapat memahami parameter yang mempengaruhi
kinerja sistem antrian, elemen dasar model antrian, model – model antrian dan
mampu menggunakan program dalam memecahkan persoalan antrian dengan benar
|
2 x 50 menit
|
Mahasiswa mampu memahami konsep dasar permainan
dan menyelesaikan model dari teori permainan .
|
6.
Teori Permainan
|
Dapat memahami konsep dasar teori permainan ,
jenis-jenis permainan , mampu menyelesaikan model permainan serta memahami
strategi-strategi permainan baik strategi murni atau campuran dengan benar.
|
2 x 50 menit
|
Mahasiswa mampu memahami dan menyelesaikan
sebuah kegiatan melalui CPM / PERT Analysis dalam sebuah proyek.
|
7.
CPM /PERT Analysis
|
Dapat memahami dari manajemen proyek yang telah
bekembang sebagai satu bidang baru dengan dikembangkannya teknik analitis
untuk perencanaan, penjadwalan dan pengendalian dengan benar.
|
2 x 50 menit
|
Mahasiswa mampu memahami dari model
pengendalian persediaan .
|
8.
Model Pengendalian Persediaan.
|
Dapat memahami kegunaan pengendalian persediaan,
dengan sistem sediaan ABC yang telah digeneralisasi dalam kehidupan sehari –
hari dengan benar.
|
1 x 50 menit
|
|
RENCANA
PEMBELAJARAN (RP)
MATAKULIAH
RISET OPERASI
(KKE 617)
PROGRAM STUDI MANAGEMENT/AKUNTANSI
UNIVERSITAS LANCANG
KUNING
|
|
STANDAR
KOMPETENSI MATA KULIAH :
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini mahasiswa
diharapkan memahami perkembangan terbaru / isu-isu penting (important issue) dan permasalahan dalam
proses pengambilan keputusan, menjelaskan milestone
peran strategis Teori Pengambilan Keputusan dalam aktifitas Management Science, memahami konsep
dasar dan kajian-kajian dalam Teori Pengambilan Keputusan secara komprehensif ,
melakukan analisis kasus ( identifikasi masalah , analisis situasi, tinjauan
teoritis, dan rekomendasi solusi masalah ) untuk memecahkan persoalan-persoalan
yang berkaitan dengan pengambilan keputusan di dalam perusahaan, dan menguasai
software Teori Pengambilan Keputusan POM
of Windows untuk memecahkan persoalan-persoalan yang berkaitan dengan
pengambilan keputusan.
KOMPETENSI DASAR
MATA KULIAH :
Kompetensi yang diharapkan dapat dicapai oleh mahasiswa
setelah mengikuti mata ajar Riset Operasi adalah mahasiswa dapat :
1.
Memahami tentang pendahuluan : Silabus, kontrak belajar, dan pembagian kelompok
, Riset Operasional: sejarah singkat riset operasi, arti , penerapan,
model-model, dan ruang lingkup .
2.
Memecahkan persoalan program linier dengan metode grafik
3.
Menjelaskan dan memecahkan program linier dengan Metode Simpleks
4.
Memahami dan menjelaskan Metode Transportasi pada :
ð Persoalan Transportasi
(Permintaan sama dengan Penawaran)
ð Formulasi Program Linier
ð Penentuan Pemecahan Awal
ð Pemecahan Awal yang diperbaiki
ð Pemecahan Optimal
ð Persoalan Transportasi ( Jumlah
Permintaan tidak sama dengan Jumlah Penawaran )
5.
Memahami suatu parameter dan elemen dasar dari analisis antrian pada :
ð Unsur – unsur dasar dari Model
Antrian.
ð Peran distribusi Poisson dan
Eksponensial.
ð Proses Kelahiran Murni dan
Kematian Murni.
ð Antrian dengan Gabungan
kedatangan dan kepergian.
ð Antrian Poisson Khusus.
ð Antrian Non-Poisson
ð Antrian dengan Prioritas
Pelayanan.
ð Antrian Tandem atau Serial.
6.
Memahami konsep dasar teori
permainan pada :
ð Konsep dasar teori permainan.
ð Jenis – jenis permainan.
ð Model permainan dengan
menggunakan program linier.
ð Strategi – strategi permainan
baik strategi murni atau campuran.
7.
Memahami dan menyelesaikan sebuah kegiatan melalui CPM / PERT analyisis
dalam suatu proyek.
8.
Memahami kegunaan pengendalian persediaan melalui :
ð Sistem sediaan ABC
ð Model sediaan yang
Digeneralisasi.
ð Model – model Deterministik.
ð Model – model Probabilistik.
ð Sistem Pabrikan Just-in-Time
(JIT).
RENCANA PEMBELAJARAN (RP)
MATA KULIAH RISET
OPERASI
KODE: KKE 617
MINGGU
KE
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI
PEMBELAJARAN
|
BENTUK
PEMBELAJARAN
|
KRITERIA PENILAIAN
( INDIKATOR )
|
BOBOT NILAI
( % )
|
1
|
Mahasiswa
dapat memahami tentang pengertian dan
ruang lingkup riset operasi serta pembelajaran dari riset operasi.
|
Kontrak
Perkuliahan,
Pendahuluan
dan pengantar Riset Operasi :
-
Sejarah singkat riset operasi
-
Arti riset operasi
-
Penerapan riset operasi
-
Model-model dalam riset operasi
-
Langkah-langkah analisis
|
Kuliah, Diskusi
|
Kemampuan memahami dan menjelaskan riset operasi dengan
benar
|
3
|
2 & 3
|
Mahasiswa mampu merumuskan masalah dengan jelas dan menerjemahkan masalah kedalam
bentuk model matematika.
|
Program
Linier :
-
Bentuk umum Program Linier
-
Pemecahan Persoalan Program linier dengan menggunakan metode grafik.
-
Beberapa masalah teknis dalam program linier.
|
Kuliah, Diskusi, Tugas Mandiri
|
Dapat merumuskan masalah dengan jelas dengan
menggunakan sejumlah informasi yang tersedia, kemudian menerjemahkan masalah
kedalam bentuk matematika guna menemukan jawaban terhadap masalah yang
dihadapi dengan benar.
|
5
|
4 & 5
|
Mahasiswa mampu menjelaskan metode Simpleks dalam
memecahkan setiap masalah pemograman linier.
|
Metode
Simpleks :
-
Pengembangan metode simpleks.
-
Metode Simpleks Primal.
-
Metode Simpleks Dual
-
Kasus khusus dalam Aplikasi Metode Simpleks.
-
Analisis Sensitivitas.
|
Kuliah, Diskusi, Tugas Mandiri
|
Dapat menjelaskan metode simpleks dalam memecahkan
setiap pemecahan dasar yang ditentukan secara selektif dengan maksud untuk
mencapai titik pemecahan optimum dalam linier programing dengan benar.
|
6
|
6 & 7
|
Mahasiswa mampu memahami suatu metode yang digunakan
untuk mengatur distribusi dari sumber-sumber yang menyediakan produk ketempat
yang membutuhkan (Metode Transportasi).
|
Metode
Transportasi :
-
Persoalan transportasi (Permintaan sama dengan Penawaran).
-
Formulasi Program Linier.
-
Penentuan pemecahan awal.
-
Pemecahan awal yang diperbaiki.
-
Pemecahan Optimal
-
Persoalan Transportasi (Jumlah permintaan tidak sama dengan jumlah
penawaran).
|
Kuliah, Diskusi, Tugas Mandiri
|
Dapat memahami suatu metode yang digunakan untuk
mengatur distribusi dari sumber-sumber yang menyediakan produk, ke
tempat-tempat yang membutuhkan secara optimal karena terdapatnya perbedaan
biaya alokasi yang berbeda-beda dari beberapa sumber ke suatu tempat tujuan
yang berbeda dengan benar.
|
5
|
8
|
|
UJIAN TENGAH
|
SEMESTER(UTC)
|
|
30
|
9 & 10
|
Mahasiswa mampu memahami suatu parameter dan elemen
dasar dari model-model analisis antrian.
|
Analisis
Antrian :
-
Unsur-unsur dasar dari model antrian
-
Peran distribusi Poisson dan Eksponensial
-
Proses kelahiran murni dan kematian murni.
-
Antrian dengan kedatangan dan kepergian.
-
Antrian Poisson khusus.
-
Antrian non-Poisson.
-
Antrian dengan prioritas pelayanan.
-
Antrian Tandem atau Serial.
|
Kuliah, Diskusi, Tugas Kelompok
|
Dapat memahami parameter yang mempengaruhi kinerja sistem antrian,
elemen dasar model antrian, model – model antrian dan mampu menggunakan
program dalam memecahkan persoalan antrian dengan benar.
|
6
|
11 & 12
|
Mahasiswa mampu memahami konsep dasar permainan, dan
menyelesaikan model dari teori permainan.
|
Teori
Permainan :
-
Konsep dasar teori permainan.
-
Jenis – jenis permainan.
-
Model permainan dengan menggunakan program linier.
-
Strategi permainan baik strategi murni atau campuran.
|
Kuliah, Diskusi, Tugas Mandiri
|
Dapat memahami konsep dasar teori permainan ,
jenis-jenis permainan, mampu menyelesaikan model permainan serta memahami
strategi – strategi permainan baik strategi murni atau campuran dengan benar.
|
6
|
13 & 14
|
Mahasiswa mampu memahami dan menyelesaikan sebuah
kegiatan melalui CPM / PERT Analysis dalam sebuah proyek.
|
CPM /
PERT Analysis :
-
Perhitungan jalur kritis.
-
Pengembangan bagan waktu dan penyeimbangan sumber daya.
-
Probabilitas dan pertimbangan biaya dalam penjadwalan proyek.
-
Pengendalian proyek.
|
Kuliah, Diskusi, Tugas Kelompok
|
Dapat menjelaskan dari manajemen proyek yang telah
berkembang sebagai satu bidang baru dengan dikembangkannya teknis analitis
untuk perencanaan, penjadwalan dan pengendalian dengan benar.
|
5
|
15
|
Mahasiswa mampu memahami dari model pengendalian
persediaan.
|
Model Pengendalian
Persediaan :
- Sistem sediaan ABC
-
Model sediaan yang
digeneralisasi.
-
Model-model Deterministik.
-
Model – model Probabilistik.
-
Sistem Pabrikan Just-in-time (JIT).
|
Kuliah, Diskusi, Tugas Mandiri
|
Dapat memahami kegunaan pengendalian persediaan, dengan
sistem sediaan ABC yang telah digeneralisasi dalam kehidupan sehari-hari
dengan benar.
|
3
|
16
|
|
UJIAN AKHIR SEMESTER
|
( UAS )
|
|
30
|
|
KONTRAK PERKULIAHAN
RISET OPERASI
(KKE 617)
PROGRAM STUDI MANAGEMENT/AKUNTANSI
UNIVERSITAS LANCANG
KUNING
|
|
DOSEN PENGAMPU MATA KULIAH :
- Sri Maryanti,SE.MSi
PELAKSANAAN PERKULIAHAN :
- Mahasiswa tidak dibenarkan memasuki ruangan kuliah dengan menggunakan baju kaos oblong (tanpa kerah), memakai sendal dan merokok.
- Mahasiswa yang terlambat setelah 30 menit kuliah dimulai tidak dibenarkan masuk ruangan dan apabila dosen terlambat lebih dari 30 menit tanpa pemberitahuan sebelumnya, mahasiswa dipersilahkan pulang dan dianggap tidak ada pertemuan.
- Setiap mahasiswa harus mempersiapkan diri untuk aktif dalam belajar dalam mengikuti setiap metode pembelajaran. Mahasiswa wajib bersikap baik selama mengikuti perkuliahan dan berhak mendapatkan bimbingan dari nara sumber.
- Melaksanakan dan mengerjakan penugasan yang diberikan dengan baik (dilarang keras mencontek dan mengkopi laporan teman).
- Mahasiswa wajib mengikuti perkuliahan. Jumlah total kehadiran tidak boleh kurang dari 80%.
- Pembimbing dan nara sumber dapat ditemui kapan saja untuk memfasilitasi pembelajaran atau sesuai perjanjian yang telah disepakati sebelumnya dengan mahasiswa.
- Sistem Nilai dan Kriteria Penilaian Akhir :
Sistem Penilaian :
a. Tugas Terstruktur :
30%
Terdiri dari tugas mandiri di kelas dan tugas di
rumah, tugas kelompok dan diskusi.
b. Mid Semester
: 30%
Materi UTS adalah seluruh materi yang telah
diajarkan sebelum pelaksanaan UTS.
c. Akhir Semester : 40%
Materi UAS
adalah semua materi yang telah diajarkan setelah UTS.
Kriteria Penilaian Akhir :
Nilai Akhir
mata kuliah menggunakan sistem Nilai Patokan, dengan kriteria :
A > 80 : B = 70 – 80 ; C = 56 – 69 ; D = 40 –
55 dan E < 40
|
EVALUASI PEMBELAJARAN
TUGAS MANDIRI DAN KELOMPOK
RISET OPERASI
(KKE 617)
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS LANCANG
KUNING
|
TUGAS MANDIRI DAN TUGAS KELOMPOK
NO
|
Jenis
Evaluasi
|
Kompentensi Dasar
|
Aspek Berpikir Tertinggi
|
||||
C1
|
C2
|
C3
|
C4
|
C5
|
|||
1
|
Tugas 1
(mandiri)
|
Mampu merumuskan masalah dengan jelas melalui program linier :
Ø Bentuk umum model program linier.
Ø Pemecahan persoalan program linier dengan
menggunakan metode grafik.
Ø
Beberapa
masalah teknis dalam program linier.
|
√
|
√
|
|
|
|
2
|
Tugas 2
(mandiri)
|
Mampu menjelaskan metode simpleks :
Ø Pengembangan Metode Simpleks.
Ø Metode Simpleks Primal.
Ø Metode Simpleks Dual.
Ø Kasus khusus dalam aplikasi metode simpleks.
Ø
Analisis
Sensitivitas.
|
|
√
|
√
|
√
|
|
3
|
Tugas 3
(mandiri)
|
Mampu memahami suatu metode yang digunakan dalam metode transportasi.
|
|
√
|
√
|
√
|
|
4
|
Tugas 4
(kelompok)
|
Mampu memahami suatu parameter dan elemen dasar dari model-model analisis
antrian.
|
|
√
|
√
|
√
|
|
5
|
Tugas 5
(mandiri)
|
Mampu memahami konsep dasar permainan, dan menyelesaikan model dari teori
permainan.
|
|
√
|
√
|
√
|
|
6
|
Tugas 6
(kelompok)
|
Mampu menganalisis dan menyelesaikan sebuah kegiatan melalui CPM / PERT.
|
|
√
|
√
|
√
|
|
7
|
Tugas 7
(mandiri)
|
Mampu memahami model pengendalian persediaan .
|
|
√
|
√
|
√
|
√
|
Ket : C1 : Pengetahuan / Pengenalan
C2 : Pemahaman
C3 : Penerapan
C4 : Analisis
C5 : Evaluasi
KONTRAK PERKULIAHAN
|
|
Nama Mata
Kuliah
Kode Mata Kuliah
Pengajar
Semester
Hari Pertemuan / Jam
Tempat Pertemuan
|
Riset Operasi
KKE 617
1.
Sri
Maryanti, SE.MSi
V ( Lima )
Senin
11.30 – 13.30
Ruang C
|
1. Manfaat
Mata Kuliah
|
111
Riset Operasi merupakan mata kuliah yang
menguraikan masalah perkembangan dunia industri dan di dukung dengan kemajuan
di bidang komputer. Riset Operasi semakin banyak diterapkan di berbagai bidang
untuk menangani masalah yang cukup kompleks. Materi perkuliahan dimulai dari
pendahuluan dan pengantar Riset Operasi, Program Linier (linear programming), Metode Simpleks (simplex method), Metode Transportasi (transportation method), Analisis Antrian (queuing analysis), Teori Permainan (games theory), dan CPM/PERT Analysis serta Model Pengendalian
Persediaan.
2.
Deskripsi Perkuliahan
|
Mata kuliah ini sudah bersifat teknis dengan
berbagai aplikasi yang berhubungan dengan riset operasi yang meliputi :
pendahuluan dan pengantar Riset Operasi, Program Linier (linear programming), Metode Simpleks (simplex method), Metode Transportasi (transportation method), Analisis Antrian (queuing analysis), Teori Permainan (games theory), dan CPM / PERT Analysis serta Model Pengendalian
Persediaan.
Mata kuliah ini merupakan aplikasi metode-metode
dan peralatan manajemen yang menyatukan ilmu pengetahuan, matematika, dan
logika dalam rangka memecahkan masalah yang dihadapi sehari-hari sehingga dapat
dipecahkan secara optimal.
3.
Tujuan Instruksional
|
Pada akhir perkuliahan ini, Anda diharapkan mampu
:
1.
Memahami
tentang pengertian dan ruang lingkup Riset Operasi serta pembelajaran dari
Riset Operasi.
2.
Merumuskan
masalah dengan jelas dan menerjemahkan masalah kedalam bentuk matematika.
3.
Menjelaskan
metode Simpleks dalam memecahkan setiap masalah dalam pemograman linier.
4.
Memahami
suatu parameter dan elemen dasar dari model – model analisis antrian.
5.
Memahami
konsep dasar permainan, dan menyelesaikan model dari teori permainan.
6.
Menganalisis dan menyelesaikan sebuah kegiatan melalui CPM
/ PERT dalam sebuah proyek.
7.
4.
Strategi Perkuliahan
|
Strategi perkuliahan ini lebih banyak menggunakan
metode ceramah dengan disertai contoh sehingga setiap peserta mengerti
keterkaitan riset operasi dengan metode matematika. Disamping itu juga
dilakukan tanya jawab dan soal untuk menggali pertanyaan dan menjawab soalan
yang terjadi selama interaksi pengajaran dengan memancing mahasiswa untuk
merumuskaan pertanyaan dan permasalahan yang terjadi diseputar masalah Riset
Operasi.
Diskusi literatur juga dilakukan untuk menunjukkan
kepada mahasiswa topik-topik penelitian yang berkaitan dengan Riset Operasi
serta mempresentasikan ke depan untuk melatih mahasiswa mengungkapkan pendapat
dan pandangannya terhadap topik permasalahan yang di temukan di dalam jurnal
atau literatur. Untuk memperkuat pemahaman mahasiswa terhadap seluruh aspek
pengajaran perlu diperkuat dengan praktek lapangan.
5.
Materi / Bacaan Perkuliahan
|
1.
Hamdy A Taha,
Riset Operasi, Suatu Pengantar , Edisi Kelima, Jilid 1 Binarupa
Aksara , 1996, Jakarta Barat. Indonesia
2.
Hamdy A Taha,
Riset Operasi, Suatu Pengantar, Edisi Kelima , Jilid 2 Binapura Aksara , 1996
, Jakarta Barat , Indonesia.
3.
Aminudin, Prinsip – Prinsip Riset Operasi, 2005, Penerbit Erlangga.
4.
Sri Mulyono, Riset Operasi, 2004, Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia
5.
Wayne
L.Winston, Operations Research, 2004, Fourth Ed, Thomson Learning,Inc.
6.
Zulian Yamit,
Manajemen Kuantitatif, 2004, BPFE, Yogya.
Referensi :
1.
Robert T.
Clemen, 1991, Making Hard Decisions: an
Introduction to Decision Analysis, PWS-KENT Publishing Company.
2.
Rowe, Alan, 1992, Mangerial Decision Making: A Guide to Successful Business Decisions,
MacMillan.
6.
Tugas
|
1.
Setiap bacaan
perkuliahan yang disebutkan sebelumnya harus sudah dibaca dari berbagai
literatur yang sudah disampaikan pada awal perkuliahan.
2.
Anda
diwajibkan menyerahkan paper yang merupakan hasil penerjemahan jurnal berbahasa
Inggris 2 minggu setelah penugasan . Paper ini haruslah berkaitan dengan Riset
Operasi terutama penelitian yang dilakukan oleh peneliti Riset Operasi dari
berbagai Universitas di tempat lain.
3.
Quis dan soal
akan dilakukan sebanyak 3 kali untuk melihat sejauh mana mahasiswa dapat
menangkap materi yang diberikan dan untuk merangsang mahasiswa mengulang
materi-materi kuliah yang diberikan.
4.
Evaluasi
tengah semester akan diadakan setelah tujuh kali pertemuan. Evaluasi akan
menggunakan bentuk essai dan pilihan berganda. Sedangkan evaluasi akhir
semester dilakukan setelah tujuh kali pertemuan dalam bentuk essai.
7.
Kriteria Penilaian
|
Penilaian akan dilakukan
oleh pengajar dengan menggunakan Kriteria sebagai berikut :
Nilai
|
Point
|
Range
|
A
B
C
D
E
|
4
3
2
1
0
|
≥ 80
70 – 79
60 – 69
50 – 59
≤ 40
|
Dalam menentukan nilai
akhir akan digunakan pembobotan sebagai berikut :
Paper jurnal
10%
Evaluasi tengah semester 30%
Evaluasi akhir semester 40%
Quis / Soal
10%
Tugas kelompok 10%
8.
Jadwal Perkuliahan
|
Tanggal
|
Topik / Bahasan
|
Bacaan / Bab
|
02
Agustus 2010
20
September 2010
27
September 2010
04
Oktober 2010
11
Oktober 2010
18 Oktober
2010
25
Oktober 2010
|
Kuliah pertama :
Penjelasan umum kontrak
perkuliahan dan materi secara keseluruhan;
Perkenalan setiap mahasiswa.
Program Linier.
Program Linier.
Metode Simpleks.
Metode Simpleks.
Metode Transportasi
Metode Transportasi
|
Kontrak
Perkuliahan
Bahan 1 , 2 , 3 , 4 , 5 , 6
Bahan 1 , 2 , 3 , 4 , 5 , 6
Bahan 1 , 2 , 3 , 4 , 5 , 6
Bahan 1 , 2 , 3 , 4 , 5 , 6
Bahan 1 , 2 , 3 , 4 , 5 , 6
Bahan 1 , 2 , 3 , 4 , 5 , 6
|
01
November 2010
|
Evaluasi Tengah Semester
|
Pertemuan 1 – 7
|
08
November 2010
15
November 2010
22
November 2010
29
Novenber 2010
06
Desember 2010
13
Desember 2010
20
Desember 2010
|
Analisis Antrian
Analisis Antrian
Teori Permainan
Teori Permainan.
CPM / PERT Analysis
CPM / PERT Analysis
Model Pengendalian Persediaan
|
Bahan 1 , 2 , 3 , 4 , 5 , 6
Bahan 1 , 2 , 3 , 4 , 5 , 6
Bahan 1 , 2 , 3 , 4 , 5 , 6
Bahan 1 , 2 , 3 , 4 , 5 , 6
Bahan 1 , 2 , 3 , 4 , 5 , 6
Bahan 1 , 2 , 3 , 4 , 5 , 6
Bahan 1 , 2 , 3 , 4 , 5 , 6
|
27 Desember 2010
|
Evaluasi Akhir Semester
|
Pertemuan 9 – 15
|
Mata Kuliah : Riset Operasi
TIU:
Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa memahami perkembangan terbaru
dan permasalahan pengelolaan Riset Operasi (C4)
|
Mhs
dapat menjelaskan teori dualitas, analisis sensitivitas dan pemograman parametik (C2)
|
Mhs dapat memahami
suatu metode perhitungan transportasi (C2)
|
Mhs dapat memahami konsep
dasar permainan,dan menyelesaikan teori permainan (C2)
|
Mhs dapat memahami kegunaan dari pengendalian
persediaan (C2)
|
Mhs dapat memahami
suatu parameter dan elemen dasar dari model antrian(C2)
|
Mhs dapat
menganalisis CPM/PERT dalam manajemen proyek yang dikembangkan dalam waktu
yang bersamaan(C3)
|
Mhs dapat menjelaskan
metode simpleks dalam memecahkan masalah (C2)
|
Mhs dapat menyebutkan
definisi Riset Operasi (C1)
|
Mhs dapat merumuskan
masalah dengan jelas kedalam bentuk program linier (C1)
|
Mhs dapat memahami
syarat-syarat pemecahan persoalan program linier dengan merode grafik(C1)
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar