Rabu, 16 Januari 2013

SILABUS RISET OPERASI SRI MARYANTI


MATA KULIAH
RISET OPERASI





KKE 617
Fakultas Ekonomi
Universitas Lancang Kuning









Pengajar : Sri  Maryanti.SE.MSI
Semester : V / Tahun Ajaran 2010 / 2011



RENCANA KEGIATAN
PROGRAM PEMBELAJARAN (RKPP)
PROGRAM STUDI MANAGEMENT/AKUNTANSI
UNIVERSITAS LANCANG KUNING




1.      Jurusan/Program Studi:                        :  Ekonomi/ S1
2.      Mata Kuliah                                           :  Riset Operasi         
3.      Kode Mata Kuliah                                 :  KKE 617
4.      Jumlah Satuan Kredit Semester           :  3 SKS
5.      Jumlah Tatap Muka Perkuliahan        :  14 kali (UTS-UAS).

6.      DESKRIPSI MATA KULIAH : 

Mata ajaran Riset Operasi diberikan pada semester V ( lima ) dengan bobot 3 SKS. Mata ajaran ini berfokus Pendahuluan : Silabus, Kontrak belajar , dan pembagian kelompok , Riset Operasional : konsep dasar , tujuan , dan ruang lingkup , Riset Operasional : Pendekatan Ilmu       ( science ) dan seni ( art ) , Milestone perkembangan dan peran strategis Riset Operasional dalam aktifitas Management Science , Topik – topik utama dalam Riset Operasional pada abad 21 , dan RO dan Teknologi Informasi, Program Linear          ( Linear Programing ) , Metode Simpleks ( Simplex Method ) , Metode Transportasi        ( Transportation Method ) , Analisis Antrian ( Queuing Analysis ) , Teori Permainan       ( Games Theory ) dan CPM / PERT Analysis serta Model Pengendalian Persediaan.

7.      STANDAR KOMPETENSI  :
Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mempunyai kompetensi : memahami perkembangan /isu penting terbaru (important issue) dan permasalahan dalam pengelolaan/ manajemen didasarkan pada Riset Operasional, menjelaskan milestone peran strategis Riset Operasional dalam Management Science , memahami konsep dasar dan kajian-kajian dalam Riset Operasional secara komprehensif , melakukan analisis kasus (identifikasi masalah , analisis situasi , tinjauan teoritis, dan rekomendasi solusi masalah) untuk memecahkan persoalan-persoalan yang berkaitan dengan Riset Operasional , dan menguasai software Riset Operasional POM for Window  untuk memecahkan persoalan-persoalan yang berkaitan dengan Riset Operasional.

8.      SISTEM PENILAIAN :
Kehadiran                                                              :    5%
Analisis kasus dan Diskusi                                    :  25%
Ujian Tengah Semester ( 1 kali ) dan Kuis            :  35%
Ujian Akhir Semester (1 kali)                                :  35%

9.      SUMBER BELAJAR / REFERENSI :
BUKU UTAMA :

1.      Hamdy A Taha, Riset Operasi, Suatu Pengantar , Edisi Kelima, Jilid 1 Binarupa Aksara , 1996, Jakarta Barat. Indonesia
2.      Hamdy A Taha, Riset Operasi, Suatu Pengantar,  Edisi Kelima , Jilid 2 Binapura Aksara , 1996 , Jakarta Barat , Indonesia.
3.      Aminudin, Prinsip – Prinsip Riset Operasi,  2005, Penerbit Erlangga.
4.      Sri Mulyono, Riset Operasi, 2004, Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia
5.      Wayne L.Winston, Operations Research,  2004, Fourth Ed, Thomson Learning,Inc.
6.      Zulian Yamit, Manajemen Kuantitatif, 2004, BPFE, Yogya.

Referensi :
1.      Robert T. Clemen, 1991, Making Hard Decisions: an Introduction to Decision Analysis, PWS-KENT Publishing Company.
2.      Rowe,  Alan, 1992, Mangerial Decision Making: A Guide to Successful Business Decisions, MacMillan.






KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KRITERIA PENILAIAN (INDIKATOR)
ALOKASI WAKTU
Mahasiswa mampu memahami konsep dasar, tujuan dan ruang lingkup Riset Operasional melalui pendekatan ilmu (science) dan seni (art)
1.      Pendahuluan, Konsep dasar, tujuan , dan ruang lingkup Riset Operasional
Dapat memahami pendahuluan , konsep dasar , tujuan dan ruang lingkup Riset Operasional melalui pendekatan ilmu (science) dan seni (art), Milestone perkembangan dan peran strategeis Riset Operasional dalam aktifitas Management Science dengan benar.
1 x 50 menit
Mahasiswa mampu merumuskan masalah dengan jelas dan menerjemahkan masalah kedalam bentuk model matematika .
2.      Program Linear     ( Linear Programing )
Dapat merumuskan masalah dengan jelas dengan menggunakan sejumlah informasi yang tersedia , kemudian menerjemahkan masalah kedalam bentuk matematika guna menemukan jawaban terhadap masalah yang dihadapai dengan benar.
2 x 50 menit
Mahasiswa mampu menjelaskan metode Simpleks dalam memecahkan setiap masalah pemograman linier.

3.      Metode Simpleks   (Simplex Method )
Dapat menjelaskan metode Simpleks dalam memecahkan setiap pemecahan dasar yang ditentukan secara selektif dengan maksud untuk mencapai titik pemecahan optimum dalam linear programing dengan benar.


2 x 50 menit
Mahasiswa mampu memahami suatu metode yang digunakan untuk mengatur distribusi dari sumber-sumber yang menyediakan produk ketempat yang membutuhkan.
4.      Metode Transportasi
Dapat memahami suatu metode yang digunakan untuk mengatur distribusi dari sumber-sumber yang menyediakan produk , ke tempat-tempat yang membutuhkan secara optimal karena terdapatnya perbedaan biaya alokasi yang berbeda-beda dari beberapa sumber ke suatu tempat tujuan yang berbeda dengan benar.
2 x 50 menit
Mahasiswa mampu memahami suatu parameter dan elemen dasar dari model – model analisis antrian.
5.      Analisis Antrian
Dapat memahami parameter yang mempengaruhi kinerja sistem antrian, elemen dasar model antrian, model – model antrian dan mampu menggunakan program dalam memecahkan persoalan antrian dengan benar
2 x 50 menit
Mahasiswa mampu memahami konsep dasar permainan dan menyelesaikan model dari teori permainan .
6.      Teori Permainan
Dapat memahami konsep dasar teori permainan , jenis-jenis permainan , mampu menyelesaikan model permainan serta memahami strategi-strategi permainan baik strategi murni atau campuran dengan benar.
2 x 50 menit
Mahasiswa mampu memahami dan menyelesaikan sebuah kegiatan melalui CPM / PERT Analysis dalam sebuah proyek.
7.      CPM /PERT Analysis
Dapat memahami dari manajemen proyek yang telah bekembang sebagai satu bidang baru dengan dikembangkannya teknik analitis untuk perencanaan, penjadwalan dan pengendalian dengan benar.
2 x 50 menit
Mahasiswa mampu memahami dari model pengendalian persediaan .
8.      Model Pengendalian Persediaan.
Dapat memahami kegunaan pengendalian persediaan, dengan sistem sediaan ABC yang telah digeneralisasi dalam kehidupan sehari – hari dengan benar.
1 x 50 menit





















RENCANA PEMBELAJARAN (RP)
MATAKULIAH RISET OPERASI
(KKE 617)
PROGRAM STUDI MANAGEMENT/AKUNTANSI
UNIVERSITAS LANCANG KUNING



STANDAR KOMPETENSI MATA KULIAH :
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini mahasiswa diharapkan memahami perkembangan terbaru / isu-isu penting (important issue) dan permasalahan dalam proses pengambilan keputusan, menjelaskan milestone peran strategis Teori Pengambilan Keputusan dalam aktifitas Management Science, memahami konsep dasar dan kajian-kajian dalam Teori Pengambilan Keputusan secara komprehensif , melakukan analisis kasus ( identifikasi masalah , analisis situasi, tinjauan teoritis, dan rekomendasi solusi masalah ) untuk memecahkan persoalan-persoalan yang berkaitan dengan pengambilan keputusan di dalam perusahaan, dan menguasai software Teori Pengambilan Keputusan POM of Windows untuk memecahkan persoalan-persoalan yang berkaitan dengan pengambilan keputusan.

KOMPETENSI DASAR MATA KULIAH :
Kompetensi yang diharapkan dapat dicapai oleh mahasiswa setelah mengikuti mata ajar Riset Operasi adalah mahasiswa dapat :
1.      Memahami tentang pendahuluan : Silabus, kontrak belajar, dan pembagian kelompok , Riset Operasional: sejarah singkat riset operasi, arti , penerapan, model-model, dan ruang lingkup .
2.      Memecahkan persoalan program linier dengan metode grafik
3.      Menjelaskan dan memecahkan program linier dengan Metode Simpleks
4.      Memahami dan menjelaskan Metode Transportasi pada :
ð  Persoalan Transportasi (Permintaan sama dengan Penawaran)
ð  Formulasi Program Linier
ð  Penentuan Pemecahan Awal
ð  Pemecahan Awal yang diperbaiki
ð  Pemecahan Optimal
ð  Persoalan Transportasi ( Jumlah Permintaan tidak sama dengan Jumlah Penawaran )
5.      Memahami suatu parameter dan elemen dasar dari analisis antrian pada :
ð  Unsur – unsur dasar dari Model Antrian.
ð  Peran distribusi Poisson dan Eksponensial.
ð  Proses Kelahiran Murni dan Kematian Murni.
ð  Antrian dengan Gabungan kedatangan dan kepergian.
ð  Antrian Poisson Khusus.
ð  Antrian Non-Poisson
ð  Antrian dengan Prioritas Pelayanan.
ð  Antrian Tandem atau Serial.
6.      Memahami konsep dasar  teori permainan pada :
ð  Konsep dasar teori permainan.
ð  Jenis – jenis permainan.
ð  Model permainan dengan menggunakan program linier.
ð  Strategi – strategi permainan baik strategi murni atau campuran.
7.      Memahami dan menyelesaikan sebuah kegiatan melalui CPM / PERT analyisis dalam suatu proyek.
8.      Memahami kegunaan pengendalian persediaan melalui :
ð  Sistem sediaan ABC
ð  Model sediaan yang Digeneralisasi.
ð  Model – model Deterministik.
ð  Model – model Probabilistik.
ð  Sistem Pabrikan Just-in-Time (JIT).
                                                      











RENCANA PEMBELAJARAN (RP)
MATA KULIAH RISET OPERASI
KODE: KKE 617

MINGGU
KE

KOMPETENSI DASAR
MATERI
PEMBELAJARAN
BENTUK
PEMBELAJARAN
KRITERIA PENILAIAN
( INDIKATOR )
BOBOT NILAI
( % )
1
Mahasiswa dapat memahami tentang pengertian  dan ruang lingkup riset operasi serta pembelajaran dari riset operasi.
Kontrak Perkuliahan,
Pendahuluan dan pengantar Riset Operasi :
-          Sejarah singkat riset operasi
-          Arti riset operasi
-          Penerapan riset operasi
-          Model-model dalam riset operasi
-          Langkah-langkah analisis
Kuliah, Diskusi
Kemampuan memahami dan menjelaskan riset operasi dengan benar
3
2 & 3
Mahasiswa mampu merumuskan masalah dengan jelas  dan menerjemahkan masalah kedalam bentuk  model matematika.
Program Linier :
-          Bentuk umum Program Linier
-          Pemecahan Persoalan Program linier dengan menggunakan metode grafik.
-          Beberapa masalah teknis dalam program linier.
Kuliah, Diskusi, Tugas Mandiri
Dapat merumuskan masalah dengan jelas dengan menggunakan sejumlah informasi yang tersedia, kemudian menerjemahkan masalah kedalam bentuk matematika guna menemukan jawaban terhadap masalah yang dihadapi dengan benar.
5
4 & 5
Mahasiswa mampu menjelaskan metode Simpleks dalam memecahkan setiap masalah pemograman linier.
Metode Simpleks :
-          Pengembangan metode simpleks.
-          Metode Simpleks Primal.
-          Metode Simpleks Dual
-          Kasus khusus dalam Aplikasi Metode Simpleks.
-          Analisis Sensitivitas.
Kuliah, Diskusi, Tugas Mandiri
Dapat menjelaskan metode simpleks dalam memecahkan setiap pemecahan dasar yang ditentukan secara selektif dengan maksud untuk mencapai titik pemecahan optimum dalam linier programing dengan benar.
6
6 & 7
Mahasiswa mampu memahami suatu metode yang digunakan untuk mengatur distribusi dari sumber-sumber yang menyediakan produk ketempat yang membutuhkan (Metode Transportasi).
Metode Transportasi :
-          Persoalan transportasi (Permintaan sama dengan Penawaran).
-          Formulasi Program Linier.
-          Penentuan pemecahan awal.
-          Pemecahan awal yang diperbaiki.
-          Pemecahan Optimal
-          Persoalan Transportasi (Jumlah permintaan tidak sama dengan jumlah penawaran).
Kuliah, Diskusi, Tugas Mandiri
Dapat memahami suatu metode yang digunakan untuk mengatur distribusi dari sumber-sumber yang menyediakan produk, ke tempat-tempat yang membutuhkan secara optimal karena terdapatnya perbedaan biaya alokasi yang berbeda-beda dari beberapa sumber ke suatu tempat tujuan yang berbeda dengan benar.
5
8

UJIAN TENGAH
SEMESTER(UTC)

30
9 & 10
Mahasiswa mampu memahami suatu parameter dan elemen dasar dari model-model analisis antrian.
Analisis Antrian :
-          Unsur-unsur dasar dari model antrian
-          Peran distribusi Poisson dan Eksponensial
-          Proses kelahiran murni dan kematian murni.
-          Antrian dengan kedatangan dan kepergian.
-          Antrian Poisson khusus.
-          Antrian non-Poisson.
-          Antrian dengan prioritas pelayanan.
-          Antrian Tandem atau Serial.
Kuliah, Diskusi, Tugas Kelompok
Dapat memahami parameter  yang mempengaruhi kinerja sistem antrian, elemen dasar model antrian, model – model antrian dan mampu menggunakan program dalam memecahkan persoalan antrian dengan benar.
6
11 & 12
Mahasiswa mampu memahami konsep dasar permainan, dan menyelesaikan model dari teori permainan.
Teori Permainan :
-          Konsep dasar teori permainan.
-          Jenis – jenis permainan.
-          Model permainan dengan menggunakan program linier.
-          Strategi permainan baik strategi murni atau campuran.
Kuliah, Diskusi, Tugas Mandiri
Dapat memahami konsep dasar teori permainan , jenis-jenis permainan, mampu menyelesaikan model permainan serta memahami strategi – strategi permainan baik strategi murni atau campuran dengan benar.
6
13 & 14
Mahasiswa mampu memahami dan menyelesaikan sebuah kegiatan melalui CPM / PERT Analysis dalam sebuah proyek.
CPM / PERT Analysis :
-          Perhitungan jalur kritis.
-          Pengembangan bagan waktu dan penyeimbangan sumber daya.
-          Probabilitas dan pertimbangan biaya dalam penjadwalan proyek.
-          Pengendalian proyek.
Kuliah, Diskusi, Tugas Kelompok
Dapat menjelaskan dari manajemen proyek yang telah berkembang sebagai satu bidang baru dengan dikembangkannya teknis analitis untuk perencanaan, penjadwalan dan pengendalian dengan benar.
5
15
Mahasiswa mampu memahami dari model pengendalian persediaan.
Model Pengendalian Persediaan :
      -      Sistem sediaan ABC
-            Model sediaan yang digeneralisasi.
-          Model-model Deterministik.
-          Model – model Probabilistik.
-          Sistem Pabrikan Just-in-time (JIT).
Kuliah, Diskusi, Tugas Mandiri
Dapat memahami kegunaan pengendalian persediaan, dengan sistem sediaan ABC yang telah digeneralisasi dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
3
16

UJIAN AKHIR SEMESTER
( UAS )

30




























KONTRAK PERKULIAHAN
 RISET OPERASI
(KKE 617)
PROGRAM STUDI MANAGEMENT/AKUNTANSI
UNIVERSITAS LANCANG KUNING



DOSEN PENGAMPU MATA KULIAH :
  1. Sri  Maryanti,SE.MSi

PELAKSANAAN PERKULIAHAN :
  1. Mahasiswa tidak dibenarkan memasuki ruangan kuliah dengan menggunakan baju kaos oblong (tanpa kerah), memakai sendal dan merokok.

  1. Mahasiswa yang terlambat setelah 30 menit kuliah dimulai tidak dibenarkan masuk ruangan dan apabila dosen terlambat lebih dari 30 menit tanpa pemberitahuan sebelumnya, mahasiswa dipersilahkan pulang dan dianggap tidak ada pertemuan.

  1. Setiap mahasiswa harus mempersiapkan diri untuk aktif dalam belajar dalam mengikuti setiap metode pembelajaran. Mahasiswa wajib bersikap baik selama mengikuti perkuliahan dan berhak mendapatkan bimbingan dari nara sumber.

  1. Melaksanakan dan mengerjakan penugasan yang diberikan dengan baik (dilarang keras mencontek dan mengkopi laporan teman).

  1. Mahasiswa wajib mengikuti perkuliahan. Jumlah total kehadiran tidak boleh kurang dari 80%.

  1. Pembimbing dan nara sumber dapat ditemui kapan saja untuk memfasilitasi pembelajaran atau sesuai perjanjian yang telah disepakati sebelumnya dengan mahasiswa.

  1. Sistem Nilai dan Kriteria Penilaian Akhir :
Sistem Penilaian :
a.       Tugas Terstruktur             :  30%
Terdiri dari tugas mandiri di kelas dan tugas di rumah, tugas kelompok dan diskusi.
b.      Mid Semester                   :  30%
Materi UTS adalah seluruh materi yang telah diajarkan sebelum pelaksanaan UTS.
c.       Akhir Semester                 : 40%
Materi UAS  adalah semua materi yang telah diajarkan setelah UTS.

Kriteria Penilaian Akhir :
 Nilai Akhir mata kuliah menggunakan sistem Nilai Patokan, dengan kriteria :
A > 80 : B = 70 – 80 ; C = 56 – 69 ; D = 40 – 55  dan E < 40























EVALUASI PEMBELAJARAN
TUGAS MANDIRI DAN KELOMPOK
 RISET OPERASI
(KKE 617)
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS LANCANG KUNING


TUGAS MANDIRI DAN TUGAS KELOMPOK

NO
Jenis
Evaluasi
Kompentensi Dasar

Aspek Berpikir Tertinggi
C1
C2
C3
C4
C5
1
Tugas 1
(mandiri)
Mampu merumuskan masalah dengan jelas melalui program linier :
Ø  Bentuk umum model program linier.
Ø  Pemecahan persoalan program linier dengan menggunakan metode grafik.
Ø  Beberapa masalah teknis dalam program linier.
















2
Tugas 2
(mandiri)
Mampu menjelaskan metode simpleks :
Ø  Pengembangan Metode Simpleks.
Ø  Metode Simpleks Primal.
Ø  Metode Simpleks Dual.
Ø  Kasus khusus dalam aplikasi metode simpleks.
Ø  Analisis Sensitivitas.





















3
Tugas 3
(mandiri)
Mampu memahami suatu metode yang digunakan dalam metode transportasi.


4
Tugas 4
(kelompok)
Mampu memahami suatu parameter dan elemen dasar dari model-model analisis antrian.


5
Tugas 5
(mandiri)
Mampu memahami konsep dasar permainan, dan menyelesaikan model dari teori permainan.


6
Tugas 6
(kelompok)
Mampu menganalisis dan menyelesaikan sebuah kegiatan melalui  CPM / PERT.


7
Tugas 7
(mandiri)
Mampu memahami model pengendalian persediaan .


Ket : C1 : Pengetahuan / Pengenalan
          C2 : Pemahaman
          C3 : Penerapan
          C4 : Analisis
          C5 : Evaluasi
    

















KONTRAK PERKULIAHAN
 Nama Mata Kuliah
Kode Mata Kuliah
Pengajar
Semester
Hari Pertemuan / Jam
Tempat Pertemuan
Riset Operasi
KKE 617
1.      Sri  Maryanti, SE.MSi
V ( Lima )
 Senin 11.30 – 13.30
Ruang C

1.      Manfaat Mata Kuliah

 
111

Riset Operasi merupakan mata kuliah yang menguraikan masalah perkembangan dunia industri dan di dukung dengan kemajuan di bidang komputer. Riset Operasi semakin banyak diterapkan di berbagai bidang untuk menangani masalah yang cukup kompleks. Materi perkuliahan dimulai dari pendahuluan dan pengantar Riset Operasi, Program Linier (linear programming), Metode Simpleks (simplex method), Metode Transportasi (transportation method), Analisis Antrian (queuing analysis), Teori Permainan (games theory), dan CPM/PERT Analysis serta Model Pengendalian Persediaan.

2. Deskripsi Perkuliahan
 



Mata kuliah ini sudah bersifat teknis dengan berbagai aplikasi yang berhubungan dengan riset operasi yang meliputi : pendahuluan dan pengantar Riset Operasi, Program Linier (linear programming), Metode Simpleks (simplex method), Metode Transportasi (transportation method), Analisis Antrian (queuing analysis), Teori Permainan (games theory), dan CPM / PERT Analysis serta Model Pengendalian Persediaan.
Mata kuliah ini merupakan aplikasi metode-metode dan peralatan manajemen yang menyatukan ilmu pengetahuan, matematika, dan logika dalam rangka memecahkan masalah yang dihadapi sehari-hari sehingga dapat dipecahkan secara optimal.





3. Tujuan Instruksional
 



Pada akhir perkuliahan ini, Anda diharapkan mampu :
1.      Memahami tentang pengertian dan ruang lingkup Riset Operasi serta pembelajaran dari Riset Operasi.
2.      Merumuskan masalah dengan jelas dan menerjemahkan masalah kedalam bentuk matematika.
3.      Menjelaskan metode Simpleks dalam memecahkan setiap masalah dalam pemograman linier.
4.      Memahami suatu parameter dan elemen dasar dari model – model analisis antrian.
5.      Memahami konsep dasar permainan, dan menyelesaikan model dari teori permainan.
6.      Menganalisis  dan menyelesaikan sebuah kegiatan melalui CPM / PERT  dalam sebuah proyek.
7.     
4. Strategi Perkuliahan
Memahami dari model pengendalian persediaan.




Strategi perkuliahan ini lebih banyak menggunakan metode ceramah dengan disertai contoh sehingga setiap peserta mengerti keterkaitan riset operasi dengan metode matematika. Disamping itu juga dilakukan tanya jawab dan soal untuk menggali pertanyaan dan menjawab soalan yang terjadi selama interaksi pengajaran dengan memancing mahasiswa untuk merumuskaan pertanyaan dan permasalahan yang terjadi diseputar masalah Riset Operasi.
Diskusi literatur juga dilakukan untuk menunjukkan kepada mahasiswa topik-topik penelitian yang berkaitan dengan Riset Operasi serta mempresentasikan ke depan untuk melatih mahasiswa mengungkapkan pendapat dan pandangannya terhadap topik permasalahan yang di temukan di dalam jurnal atau literatur. Untuk memperkuat pemahaman mahasiswa terhadap seluruh aspek pengajaran perlu diperkuat dengan praktek lapangan.
                                                                                                                                                                                                                         
5. Materi / Bacaan Perkuliahan
 



1.      Hamdy A Taha, Riset Operasi, Suatu Pengantar , Edisi Kelima, Jilid 1 Binarupa Aksara , 1996, Jakarta Barat. Indonesia
2.      Hamdy A Taha, Riset Operasi, Suatu Pengantar,  Edisi Kelima , Jilid 2 Binapura Aksara , 1996 , Jakarta Barat , Indonesia.
3.      Aminudin, Prinsip – Prinsip Riset Operasi,  2005, Penerbit Erlangga.
4.      Sri Mulyono, Riset Operasi, 2004, Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia
5.      Wayne L.Winston, Operations Research,  2004, Fourth Ed, Thomson Learning,Inc.
6.      Zulian Yamit, Manajemen Kuantitatif, 2004, BPFE, Yogya.
Referensi :
1.      Robert T. Clemen, 1991, Making Hard Decisions: an Introduction to Decision Analysis, PWS-KENT Publishing Company.
2.      Rowe,  Alan, 1992, Mangerial Decision Making: A Guide to Successful Business Decisions, MacMillan.
6. Tugas
 



1.      Setiap bacaan perkuliahan yang disebutkan sebelumnya harus sudah dibaca dari berbagai literatur yang sudah disampaikan pada awal perkuliahan.
2.      Anda diwajibkan menyerahkan paper yang merupakan hasil penerjemahan jurnal berbahasa Inggris 2 minggu setelah penugasan . Paper ini haruslah berkaitan dengan Riset Operasi terutama penelitian yang dilakukan oleh peneliti Riset Operasi dari berbagai Universitas di tempat lain.
3.      Quis dan soal akan dilakukan sebanyak 3 kali untuk melihat sejauh mana mahasiswa dapat menangkap materi yang diberikan dan untuk merangsang mahasiswa mengulang materi-materi kuliah yang diberikan.
4.      Evaluasi tengah semester akan diadakan setelah tujuh kali pertemuan. Evaluasi akan menggunakan bentuk essai dan pilihan berganda. Sedangkan evaluasi akhir semester dilakukan setelah tujuh kali pertemuan dalam bentuk essai.
7. Kriteria Penilaian
 



Penilaian akan dilakukan oleh pengajar dengan menggunakan Kriteria sebagai berikut :

Nilai
Point
Range
A
B
C
D
E
4
3
2
1
0
80
70 – 79
60 – 69
50 – 59
40

Dalam menentukan nilai akhir akan digunakan pembobotan sebagai berikut :
            Paper jurnal                                              10%
            Evaluasi tengah semester                         30%
            Evaluasi akhir semester                           40%
            Quis / Soal                                               10%
                        Tugas kelompok                                      10%


















8. Jadwal Perkuliahan
 



Tanggal
Topik / Bahasan
Bacaan / Bab
02 Agustus 2010




20 September 2010


27 September 2010

04 Oktober 2010

11 Oktober 2010

18 Oktober 2010

25 Oktober 2010
Kuliah pertama :
Penjelasan umum kontrak perkuliahan dan materi secara keseluruhan;
Perkenalan setiap mahasiswa.

Program Linier.

Program Linier.

Metode Simpleks.

Metode Simpleks.

Metode Transportasi

Metode Transportasi

Kontrak
Perkuliahan



Bahan 1 , 2 , 3 , 4 , 5 , 6


Bahan 1 , 2 , 3 , 4 , 5 , 6

Bahan 1 , 2 , 3 , 4 , 5 , 6

Bahan 1 , 2 , 3 , 4 , 5 , 6

Bahan 1 , 2 , 3 , 4 , 5 , 6

Bahan 1 , 2 , 3 , 4 , 5 , 6
01 November 2010
Evaluasi Tengah Semester
Pertemuan 1 – 7
08 November 2010

15 November 2010

22 November 2010

29 Novenber 2010

06 Desember 2010

13 Desember 2010

20 Desember 2010
Analisis Antrian

Analisis Antrian

Teori Permainan

Teori Permainan.

CPM / PERT Analysis

CPM / PERT Analysis

Model Pengendalian Persediaan
Bahan 1 , 2 , 3 , 4 , 5 , 6

Bahan 1 , 2 , 3 , 4 , 5 , 6

Bahan 1 , 2 , 3 , 4 , 5 , 6

Bahan 1 , 2 , 3 , 4 , 5 , 6

Bahan 1 , 2 , 3 , 4 , 5 , 6

Bahan 1 , 2 , 3 , 4 , 5 , 6

Bahan 1 , 2 , 3 , 4 , 5 , 6
27 Desember 2010
Evaluasi Akhir Semester
Pertemuan 9 – 15





















Mata Kuliah : Riset Operasi

TIU: Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa memahami perkembangan terbaru dan permasalahan pengelolaan Riset Operasi (C4)



Mhs dapat menjelaskan teori dualitas, analisis sensitivitas  dan pemograman parametik (C2)
Mhs dapat memahami suatu metode perhitungan transportasi  (C2)
Mhs dapat memahami konsep dasar permainan,dan menyelesaikan teori permainan (C2)
Mhs dapat  memahami kegunaan dari pengendalian persediaan (C2)
Mhs dapat memahami suatu parameter dan elemen dasar dari model antrian(C2)
Mhs dapat menganalisis CPM/PERT dalam manajemen proyek yang dikembangkan dalam waktu yang bersamaan(C3)
Mhs dapat menjelaskan metode simpleks dalam memecahkan masalah (C2)
Mhs dapat menyebutkan definisi Riset Operasi (C1)
Mhs dapat merumuskan masalah dengan jelas kedalam bentuk program linier (C1)
Mhs dapat memahami syarat-syarat pemecahan persoalan program linier dengan merode grafik(C1)
 










Tidak ada komentar:

Posting Komentar