Kamis, 28 Februari 2013

SOAL STATISTIK EKONOMI II


KUMPULAN SOAL STATISTIK II
AKUNTANSI III.A  NON REG
FAK.EKO.UNIV.LANCANG KUNING


1.      Suatu penelitian dilakukan untuk menguji perbedaan jenis kelamin dengan kepintaran terhadap 80 orang mahasiswa FKIP. Berdasarkan pengumpulan data diperoleh hasil sebagai berikut.
Jenis Kelamin
Kepintaran
Jumlah
Pintar
Kurang

Pria
15
35
50
Wanita
20
10
30
T O T A L
35
45
80

2.      Peneliti ingin melakukan pengujian terdapat pendapat masyarakat mengenai daya juang mahasiswa. Sebagian berpendapat bahwa mahasiswa yang berasal dari luar kota pada umumnya memiliki daya juang yang tinggi bila dibandingkan dengan mahasiswa yang berasal dari dalam kota. Untuk menguji pendapat ini diadakan penilaian terhadap 100 mahasiswa dan diperoleh data berikut ini.

Asal Mahasiswa
Daya Juang

Jumlah

Tinggi
Rendah

Dalam kota
30
30
60
Luar kota
25
15
40
T O T A L
55
45
100


3.      Sejumlah 80 orang Pengawai Negeri yang dikelompokkan menjadi dua kategori yaitu Pegawai Golongan II ke atas (30 orang) dan Pegawai Golongan II ke bawah (50 orang), telah ditetapkan sebagai sampel. Sampel tersebut diambil secara random dalam kegiatan penelitian yang antara lain bertujuan ingin mengetahui bagaimana sikap para pegawai negeri tersebut terhadap kemungkinan dilakukannya pemotongan gaji pada setiap bulan, untuk ditabung sebagai asuransi pensiun. Data yang berhasil dihimpun dari mereka adalah sebagai berikut : dari jumlah 30 orang Pegawai golongan II ke atas, 15 orang menyatakan ”setuju” dan sisanya ”tidak setuju”. Adapun dari sejumlah 50 orang pegawai Golongan II ke bawah, 40 orang menyatakan ”setuju” dan sisanya ”tidak setuju”. Berdasarkan data tersebut, ujilah dengan teknik statistik yang tepat. Alpha  0,05?

4.       Seorang peneliti ingin mengetahui perbedaan pendapat siswa dan siswi mengenai ”catur warga”. 50 orang siswi SMU dan 30 orang siswa SMU diminta menjawab ”setuju” atau ”tidak setuju” terhadap ajakan untuk membentuk Catur Warga setelah mereka kelak berumah-tangga (suami istri plus 2 orang anak). Jawaban mereka sebagai berikut.
Pendapat
Setuju
Tidak Setuju
Total
Siswi
42
8
50
Siswa
9
21
30
Total
51
29
80

5.      Suatu Pabrik makanan ringan  ingin mengetahui rata-rata berat bersih satu kaleng makanan ringan  yang diproduksi dan dipasarkan masih tetap 400 gram atau sudah lebih kecil dari itu. Dari data sebelumnya diketahui  bahwa simpangan baku bersih perkaleng 125 gram dari sampel 50 kaleng susu diperoleh 375 gram berat bersihnya. Ujilah apakah dapat diterima bahwa berat bersih rata-rata yang dipasarkan masih tetap 400 gram dengan taraf nyata 5%

6.      Sebuah perusahaan mengadakan pelatihan teknik pemasaran. Sampel sebanyak 24 orang denga metode biasa dan 20 orang dengan terprogram. Pada akhir pelatihan diberikan evaluasi dengan materi yang sama. Kelas pertama mencapai nilai rata-rata 160 dengan simpangan baku 8 dan kelas kedua nilai rata-rata 150 dengan simpangan baku 9. Ujilah hipotesis kedua taraf nyata 10%. Asumsikan kedua populasi menghampiri distribusi normal.

7.      Seseorang berpendapat bahwa rata-rata jam kerja buruh di daerah A dan B sama dengan alternatif A lebih besar daripada B. Untuk itu, diambil sampel di kedua daerah, masing-massing 100 dan 70 dengan rata-rata dan simpangan baku 38 dan 9 jam per minggu serta 35 dan 7 jam per minggu. Ujilah pendapat tersebut dengan taraf nyata 5%.



8.      Peneliti ingin menguji apakah terdapat perbedaan pendapat orang tua murid kelas VI SD X mengenai “acara perpisahan kelas VI“ yang rencananya akan diadakan di Bandung. Berdasarkan pengumpulan data, diperoleh data sebagai berikut.
Pendapat
fo
Setuju
32
Ragu – ragu
26
Tidak setuju
62
TOTAL
120
Rumuskan hipotesis, uji dengan teknik statistik yang tepat (Alpha = 0,05), dan berikan kesimpulan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar